Selasa, 16 September 2014

Pengusaha Australia Borong 7.000 Angklung Asli Bandung


Pengusaha Australia Borong 7.000 Angklung Asli Bandung
Adelaide - Enam ribuan masyarakat Australia dan Indonesia di Adelaide, Australia memecahkan rekor dunia untuk memainkan angklung terbanyak (largest angklung ensemble) di Royal Adelaide Show 2014, Sabtu (13/9/2014) malam.
Acara memainkan angklung  merupakan bagian dari acara Royal Adelaide Show 2014, pameran tahunan pertanian terbesar di Australia Selatan yang diadakan Royal Agriculture and Horticulture Society of South Australia.
Bintang Marisi Margaretha, Executive Deputy Director at Australian Indonesian Association of SA Inc memperkirakan 6.100 angklung dimainkan pengunjung Royal Adelaide Show 2014 dari berbagai usia. Data pasti masuk menunggu putusan resmi pihak Guinness World of Record.
"Para pengunjung memainkan lagu Waltzing Matilda yang merupakan lagu khas Australia dan lagu Happy Birthday yang dimainkan dalam rangka memperingati 175 tahun Royal Agriculture and Horticulture Society of South Australia," kata Bintang dalam pernyataan yang diterima Tribun, Senin (15/9/2014).
Volunteer dari masyarakat dan pelajar Indonesia dikerahkan untuk membagikan agklung kepada pengunjung Royal Adelaide Show 2014. Teknologi canggih seperti drone, pesawat nir awak turut digunakan untuk memantau acara.
Sebanyak 7.000 angklung dibawakan langsung dari Bandung, Jawa Barat oleh Mr Todd Shone, pengusaha Australia yang merupakan sahabat dan pecinta Indonesia, bekerja sama dengan kelompok Adelaide Angklung Indonesia dan Adelindo Angklung, untuk memecahkan rekor dunia memainkan angklung terbanyak.
Di hadapan para pengunjung Royal Adelaide Show 2014, Duta Besar Indonesia untuk Australia Nadjib Riphat Kesoema menyampaikan pemecahan rekor dunia tersebut adalah upaya yang sangat besar yang dilaksanakan bersama-sama oleh masyarakat Australia dan Indonesia. Hal tersebut adalah sangat penting untuk membangun rasa saling pengertian antaramasyarakat kedua negara.
Upaya pemecahan rekor dunia memainkan angklung terbanyak telah berjalan dengan lancar dan mendapatkan sambutan luar biasa bagi pengunjung Royal Adelaide Show 2014. Rekor dunia sebelumnya untuk memainkan angklung terbanyak menurut Guinness World of Record adalah yang dilaksanakan di Washington DC, Amerika Serikat, pada tanggal 9 Juli 2011 dengan angka resmi sebanyak 5.182 masyarakat.
Angklung sebagai alat musik tradisional Indonesia telah mempromosikan kepada masyarakat kedua negara untuk bekerja sama dalam menciptakan harmoni suara. Kegiatan pemecahan rekor dunia memainkan angklung terbanyak tersebut turut meningkatkan people-to-people links dan diharapkan dapat menjadi sarana untuk menyatukan kebersamaan dan pengertian antara Indonesia dan Australia.

Sumber : TRIBUNNEWS.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar