Sabtu, 13 Oktober 2012

Signature Class SCANIA: Sensasi Kemewahan nan Futuristik

 

Header

 

 

 

 


Logo Signature Class Nusantara
 

Logo Signature Class Nusantara
Jumat (02/07/2011), saya bersama beberapa rekan sesama penggemar bis, sebut saja Arif, Agung dan Agus berkesempatan menjajal secara langsung kenyamanan, keandalan, dan ketangguhan performa mesin yang ditawarkan oleh armada dan kelas baru PO. Nusantara, yakni “Signature Class” SCANIA yang melayani trayek Kudus-Bandung PP. Meski kami tidak sempat menjajalnya pada saat perjalanan perdana kemarin, namun kami tetap bangga bisa merasakan langsung bagaimana kenyamanan kelas premium yang baru diluncurkan ini.

Tidak disangka, kedatangan saya kesana bertepatan dengan acara peliputan oleh kontributor Jawa Pos (Radar Kudus), Merry yang kala itu sedang meliput dan mewawancarai langsung seorang staff ahli dari PO. Nusantara, Andy Darmawan A. dan Arbai, serta beberapa calon penumpang kala itu, termasuk juga kami di antaranya. Kebetulan saat itu, kami sedang sibuk mengamati unit yang dimaksud sembari mengabadikan foto-foto unit terbaru tersebut. Tak lama kemudian, si wartawan pun menghampiri kami dan melontarkan beberapa pertanyaan seputar bus yang baru saja diluncurkan ini, di antaranya: “Lho, mas-masnya ini datang darimana? Dan dalam rangka apa main ke Pool PO. Nusantara? tanyanya kepada kami. Kami pun menjawab, “kami jauh-jauh datang hanya untuk membuktikan kenyamanan dan fasilitas yang ditawarkan oleh unit terbaru ini”. Sontak si wartawan terheran-heran mendengar jawaban kami, yang menandakan bahwa kami adalah penumpang setia PO. Nusantara dan rela jauh-jauh datang hanya untuk membuktikan dan merasakan langsung semua kenyamanan yang ditawarkan.

Signature Class adalah istilah lain dari kelas “Super Executive” yang oleh PO. Nusantara sengaja diberikan untuk memberikan sentuhan atau image baru yang lebih elegan pada varian kelas yang baru saja diperkenalkan ke khalayak luas ini. Dilengkapi dengan interior dan fasilitas yang terbaik di kelasnya, Signature Class yang baru saja diluncurkan pada tanggal 02 Juli 2011 kemarin ini, diharapkan akan dapat menyuguhkan sensasi baru yang lebih berkelas dibandingkan kelas-kelas yang sudah ada sebelumnya. “Mudah-mudahan inovasi yang kami suguhkan ini dapat diterima dengan baik dan mengena di hati para penumpang”, ujar Andy Darmawan antusias.
Sesuai dengan janji PO. Nusantara, penumpang akan dimanjakan dengan hadirnya varian kelas baru ini. “Semuanya kami berikan yang terbaik di kelasnya”, tambah Andy Darmawan. Melanjutkan ceritanya, Andy pun menambahkan, “Kami total all-out, mulai dari pemilihan karoseri, chassis dan mesin yang digunakan, hingga kami berinovasi dengan pemilihan jok penumpang yang berkelas dan paling mutakhir. Tidak main-main, untuk kelas baru ini, kami (PO. Nusantara, -red) mendatangkan chassis bermesin SCANIA K 380 IB 4×2, yang mana SCANIA adalah mesin bis kelas premium dan yang telah dikenal memiliki kualitas terbaik di dunia dan sudah teruji ketangguhan serta keunggulan performanya. Untuk body bus, kami masih memercayakan penggarapannya pada karoseri PT. Adiputro Wirasejati, Tbk. yang juga sudah dikenal oleh masyarakat luas dalam menghasilkan armada-armada berkualitas dan berkelas”, sambung Andy melanjutkan ceritanya.
Saat ini, hanya sedikit sekali perusahaan otobus di Indonesia yang mau berinovasi secara ekstrim dan terbilang nekat. Dan, PO. Nusantara-lah salah satunya. Ya, ini adalah jawaban dari semua keinginan konsumen yang selama ini berusaha dipenuhi oleh PO. Nusantara dalam rangka terus mewujudkan komitmen melayani penumpang dengan sepenuh hati. Adalah jok berkualitas premium yang didatangkan khusus secara impor. Andy Darmawan pun kembali melanjutkan ceritanya, “saat ini kami adalah pemakai pertama jok ini, dan banyak beberapa PO lain mulai melirik dan mencari-cari informasi tentang jok khusus yang kami gunakan ini. Bahkan kabarnya, PT. Kereta Api Indonesia pun tertarik untuk menggunakan jok ini.” ujarnya dengan bangga.
Banyak kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh jok terbaru ini. Beberapa fasilitas yang terintegrasi di dalamnya adalah, seperti fitur full-electrical control yang ada pada jok super executive class ini. Dengan berbekal fitur ini, para penumpang dengan mudah merebahkan dan menegakkan posisi jok yang didudukinya hanya dengan menekan tombol elektrik yang tersedia pada bagian samping jok. Jok ini berkonfigurasi 1-2, dimana penumpang akan merasa sangat lapang dan lega, karena satu deret hanya berjumlah 3 jok dan total keseluruhan jok di dalam kabin bus hanya berjumlah 19 unit. Tidak hanya berhenti sampai di situ, untuk jok sisi kanan, di sela-sela jok juga terdapat separator atau sekat pemisah (cove-shell) yang berfungsi untuk membatasi privasi antar-penumpang, sehingga penumpang dapat beristirahat dengan nyaman dan antara satu penumpang dengan penumpang yang lain tidak akan merasa terganggu.

Interior Signature Class SE
Belum selesai, uniknya lagi, ketika direbahkan, jok ini tidak akan mengganggu kelapangan dan kelegaan penumpang yang berada di belakangnya, karena pada bagian belakang dilindungi dengan lapisan semacam cangkang. Dan, ketika tombol elektrik ditekan, bagian depan jok-lah yang akan merebah, namun bagian punggung tidak merebah ke belakang (posisi geser jok adalah ke depan, dan bukan ke belakang). Tentu saja fitur ini akan sangat menjaga kenyamanan antar-penumpang.

Cove-shell dan tombol pengatur untuk merebahkan jok
Rasanya tidak berlebihan apabila bus ini menyandang predikat Signature Class, karena begitu banyak kenyamanan yang ditawarkan demi memanjakan dan memuaskan pelanggan. Kenyamanan selama dalam perjalanan juga ditunjang dengan adanya fully air suspension-system, dimana fitur ini berfungsi untuk meredam guncangan-guncangan yang terjadi akibat buruknya medan jalan. Dengan tiket seharga Rp. 160.000,00- (seratus enam puluh ribu rupiah), rasanya harga tersebut tidak terlalu mahal dan cukup affordable dan sesuai dengan semua kenyamanan yang ditawarkan.
“Ke depan, PO. Nusantara akan terus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi seluruh pelanggan setia kami dimanapun Anda berada”, tutur Arbai yang kebetulan beliau adalah salah seorang staf yang bertugas sebagai operator GPS (Global Positioning-System) di PO. Nusantara. (naskah: InDra/ foto: istimewa)


NU3TARA SIGNATURE CLASS
 

Sumber: nusantarablog.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar